Nilai minimal masuk akmil – AKMIL (Akademi Militer) adalah salah satu sekolah militer di Indonesia yang didirikan pada tahun 1952. Ini merupakan lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi calon perwira TNI Angkatan Darat (TNI AD). Selain itu, disini juga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi perwira TNI AD yang ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam bidang militer. Lokasi terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Pendidikan di lembaga ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pendidikan dasar dan tahap pendidikan lanjutan. Tahap pendidikan dasar terdiri dari dua tahun program pendidikan yang mencakup aspek-aspek seperti kepemimpinan, taktik, strategi, dan teknologi militer. Tahap pendidikan lanjutan terdiri dari tiga tahun program pendidikan yang menekankan pada pengembangan kemampuan kepemimpinan, strategi militer, dan ilmu-ilmu terkait lainnya.

Peserta yang lolos seleksi masuk ke disini harus memenuhi syarat-syarat seperti memiliki ijazah SMA/SMK atau sederajat, memiliki tinggi badan minimal 165 cm bagi laki-laki dan 160 cm bagi perempuan, tidak mengidap penyakit yang dapat mengganggu kemampuan fisik dan mental, dan lain-lain.

Biaya masuk sekolah ini ditanggung oleh pemerintah dan tidak dikenakan biaya kepada para calon peserta. Selain itu, calon peserta didik juga akan diberikan uang saku selama mengikuti pendidikan, mantab kan!

Setelah lulus dari pendidikn, para lulusan akan ditempatkan sebagai perwira TNI AD dan akan menjalani masa dinas sebagai perwira militer selama 20 tahun.

Berikut ini adalah syarat-syarat masuk di lembaga ini:

  • Memiliki kewarganegaraan Indonesia yang sah.
  • Berusia maksimal 22 tahun pada saat mendaftar.
  • Memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi laki-laki dan 155 cm bagi perempuan.
  • Memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang sesuai dengan standar.
  • Memiliki riwayat kesehatan yang baik dan tidak pernah menderita sakit parah.
  • Tidak pernah dihukum penjara atau terlibat dalam tindak kejahatan.
  • Lulus ujian seleksi masuk AKMIL, yang terdiri dari ujian akademik, fisik, dan psikologi.
  • Lulus ujian medis dan administrasi.

Untuk mengikuti seleksi masuk disini, calon peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui situs resmi TNI-AD. Setelah mendaftar, calon peserta akan mengikuti tes seleksi yang terdiri dari ujian akademik, fisik, dan psikologi. Jika lolos tes seleksi, calon peserta akan mengikuti ujian medis dan administrasi untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat kesehatan dan administrasi yang diperlukan.

Untuk dapat masuk ke sekolah militer ini, calon prajurit harus lulus tes seleksi yang terdiri dari beberapa tahap, di antaranya tes kesehatan, tes akademik, dan tes psikologi. Untuk tes akademik, calon prajurit harus memiliki nilai minimal yang telah ditetapkan oleh pihak akademi. Nilai minimal masuk akmil tersebut tergantung pada jenjang pendidikan terakhir yang telah diikuti oleh calon prajurit.

Berikut adalah nilai minimal masuk akmil:

  • SMA/SMK: 7,00
  • D3: 7,00
  • S1: 7,50

Perlu diketahui bahwa nilai minimal masuk tersebut hanya sebagai salah satu syarat saja. Selain itu, calon prajurit juga harus memenuhi syarat-syarat lain yang ditetapkan oleh lembaga, seperti usia, tinggi badan, dan lain-lain.

Jika kalian memenuhi persyaratan di atas dan ingin mengikuti pendidikan di disini, kalian bisa mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh AD. Informasi mengenai jadwal seleksi dan cara pendaftaran bisa diperoleh di situs resmi AD atau di kantor-kantor militer terdekat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang syarat-syarat masuk sekolah ini, Anda bisa menghubungi lembaga atau mengunjungi situs resmi AKMIL di https://www.akmil.mil.id/.