Siapa sih yang tidak perna dengan AKMIL? Ya betul sekali Akademi Militer. Mereka yang lulus di sini harus menjalani pendidikan kedinasan selama 4 tahun. Kalo di perguruan tinggi siswa disebut mahasiswa. kamu yang lulus AKMIL akan mendapat gelar taruna. Bagi lulusan SMA sudah bisa ikut AKMIL loh. Lulus dari sini kamu akan bertugas di Angkatan Darat. Selain persiapan akademik, fisik dan psikologis. Ada satu lagi yang perlu kalian siapkan saat berniat masuk di sini. Kamu harus bersedia meninggalkan daerah kalian untuk menjalani pendidikan di Jawa Tengah hingga lulus. Gelar lulusan AKMIL menyesuaikan dengan tingkat pendidikan yang telah mereka lulusi.

Gelar Taruna AKMIL

Setelah lulus sma atau kuliah kamu bisa langsung mendaftar di sini. Level pendidikannya setara dengan D4 atau Strata Satu. Tiap kamu berhasil lulus satu tingkatan maka kamu sudah berhak untuk satu gelar.

Tingkat Satu

Tahun pertama pendidikan di kamp pelatihan akan mendapat gelar Pratar atau prajurit Taruna dan Koptar (Kopral Taruna). Pratar adalah gelar paling dasar. Gelar ini akan berfungsi selama 4 bulan. Proses latihan fisik, mental dan cara berpikir akan terjadi di sini. Ketika masuk akmil mereka masih menggunakan cara pandang masyarakat umum. Orientasi mereka sebagai taruna tangguh akan mulai terbangun di tahap ini.

Memasuki bulan kelima hingga kesembilan. Para peserta didik mendapat gelar koptar setelah menyelesaikan pelatihan RPS dan survival. 30 persen waktu mereka di tahap ini untuk latihan materi. Selebihnya berlatih di lapangan.

Tingkat Dua

Memasuki tahun kedua pangkat mereka akan naik menjadi sersan taruna disingkat Sertar. Pada tahap ini mereka telah menjadi senior dengan satu adik angkatan. Gelar ini akan mereka sandang  selama 1 tahun penuh. Sebelum menjadi sermadatar

Tingkat Tiga

Nah di tahun ketiga mereka di kamp pelatihan, Pangkat mereka akan naik lagi menjadi Sersan mayor Dua Taruna (Sermadatar) selama 1 tahun penuh. Mereka juga telah memiliki 2 adik angkatan.

Tingkat Empat

Ini merupakan tahap akhir pendidikan di AKMIL. Gelar tertinggi yang mereka dapatkan adalah Sersan Mayor Satu Taruna. Sebagai angkat paling senior, ketiga junior mereka menyebutnya macan kampus yang berkuasa. Di tingkat akhir ini, latihan fisik, mental dan mindset telah membentuk para taruna untuk siap mengabdi. Mereka akan lebih berfokus untuk menyiapkan diri sebelum menjalani pelantikan resmi sebagai seorang perwira.

Sebagai perwira TNI yang baru lulus pendidikan, perwira tersebut mendapat gelar Letnan Dua (Letda). Acara sakral tersebut sebagai penanda bahwa mereka siap mengorbankan jiwa dan raga demi negeri tercinta Indonesia. Penugasan akan menyesuaikan dengan penempatan masing-masing.

Untuk informasi pendaftaran kamu bisa mengunjungi website https://rekrutmen-tni.mil.id/ . Pembukaan pendaftaran secara online biasanya di bulan januari tiap tahun.  Bersamaan dengan itu pendaftaran untuk tingkat bintara dan tamtama juga terbuka. Jadi bagi para perwira yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat lanjut juga bisa segera mendaftar.

Gimana? Kamu tertarik jadi perwira yang memiliki nilai patriotisme tinggi dalam membela negara? Kamu bisa langsung mendaftarkan diri ya. Namun sebagai sekolah kedinasan  yang lain tingkat kompetensi di Akmil sangatlah ketat. Untuk mendapatkan gelar lulusan akmil kamu harus mempersiapkan diri sedini mungkin. Salah satu langkah yang bisa kamu tempuh adalah memulai latihan fisik secara rutin, kerana dalam seksi masuk akmil aspek ketahanan fisik punya poin tersendiri.  Jagalah kesehatan kalian sebaik mungkin agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik.