Lulusan AKPOL pangkatnya apa? – AKPOL adalah singkatan dari Akademi Kepolisian. Sebuah lembaga pendidikan yang menyiapkan calon anggota kepolisian Indonesia. Akademi Kepolisian merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi calon anggota kepolisian Indonesia. Selain itu, Akademi Kepolisian juga menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi anggota kepolisian yang sudah terdaftar sebagai anggota kepolisian. Hingga bagi masyarakat umum yang ingin mengikuti program pelatihan yang diselenggarakan oleh Akademi Kepolisian.

Program studi yang ditawarkan di Akademi Kepolisian ini meliputi program studi D III, D IV, dan S1. Prodi D III di Akademi Kepolisian merupakan program studi pendidikan tinggi yang mempersiapkan calon anggota kepolisian Indonesia untuk menjadi anggota kepolisian. Program studi D IV di Akademi Kepolisian merupakan program studi pendidikan tinggi yang mempersiapkan calon anggota kepolisian Indonesia untuk menjadi anggota kepolisian dengan kompetensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan program studi D III. Sedangkan program studi S1 di Akademi Kepolisian merupakan program studi pendidikan tinggi yang mempersiapkan calon anggota kepolisian Indonesia untuk menjadi anggota kepolisian dengan kompetensi yang lebih tinggi lagi dibandingkan dengan program studi D III dan D IV.

Pendaftaran untuk menjadi calon anggota kepolisian Indonesia di Akademi Kepolisian dilakukan melalui seleksi umum yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setiap tahun. Seleksi umum ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu seleksi administrasi, tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi, dan tes wawancara. Setelah lulus seleksi umum, calon anggota kepolisian Indonesia akan ditempatkan di salah satu Akademi Kepolisian yang telah ditentukan oleh Kemendikbud sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan. Nah, dari situ lah pangkat lulusan akpol ditetapkan juga.

AKPOL merupakan sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bagi calon anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Persyaratan Masuk AKPOL

  1. Warga negara Indonesia yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) asli.
  2. Berusia di antara 17 tahun sampai dengan 22 tahun pada saat mengikuti seleksi.
  3. Lulusan SMA/SMK atau sederajat yang diakui oleh pemerintah.
  4. Memiliki tinggi badan minimal 162 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan.
  5. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak berkacamata, tidak bertato dan tidak memiliki cacat fisik yang menghambat kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai anggota Kepolisian.
  6. Tidak pernah terlibat dalam kejahatan dan tidak pernah dihukum penjara atau pidana lainnya.
  7. Siap mengikuti program pendidikan dan pelatihan di AKPOL selama 4 tahun.
  8. Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk menjadi anggota Kepolisian yang profesional dan bertanggung jawab.
  9. Memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh AKPOL, seperti mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan dokumen pendukung, dan lain-lain.

Jika Anda memenuhi semua persyaratan di atas, Anda dapat mengikuti seleksi masuk AKPOL. Seleksi terdiri dari tahap seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, tes wawancara, dan tes tertulis. Setelah lulus seleksi, Anda akan diterima sebagai peserta didik AKPOL dan akan mengikuti program pendidikan dan pelatihan di AKPOL selama 4 tahun.

Pangkat Lulusan AKPOL

Selanjutnya jika Anda bertanya mengenai lulusan akpol pangkatnya apa ya? Para lulusan dari Akademi Kepolisian ini akan diangkat sebagai perwira polisi dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen). Ini merupakan pangkat tertinggi dari perwira polisi yang lulus dari Akademi Kepolisian. Selain itu, lulusan Akademi Kepolisian juga diangkat sebagai anggota Polri, yaitu kepolisian Republik Indonesia.