STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) adalah sebuah lembaga pendidikan di Indonesia yang mempelajari ilmu dan teknologi transportasi darat. Menawarkan berbagai program studi yang terkait dengan transportasi darat, seperti perencanaan transportasi, manajemen dan rekayasa lalu lintas, manajemen angkutan umum, keselamatan transportasi, dan lainnya. Selain itu, disini juga menyediakan fasilitas akademik dan non akademik yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan mahasiswa.

Sebenarnya Apa Itu STTD?

Ini merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menyediakan program studi di bidang transportasi darat. Program studi yang ditawarkan disini biasanya berkaitan dengan teknik transportasi, manajemen transportasi, dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan transportasi darat lainnya. Mahasiswa yang mengikuti program studi di lembaga ini akan mempelajari teori dan praktik terkait dengan transportasi darat, serta dapat mempersiapkan diri untuk menjadi profesional di bidang transportasi darat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang biaya sekolah di sekolah ini, Anda dapat menghubungi lembaga pendidikan tersebut atau mengunjungi situs web mereka. Anda juga dapat menghubungi kementerian pendidikan atau badan pendidikan tinggi yang bertanggung jawab untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang biaya sekolah di lembaga ini.

Syarat Masuk STTD

Untuk dapat masuk ke Sekolah Tinggi Transportasi Darat ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Warga negara Indonesia
  • Lulusan SMA atau sederajat yang telah memperoleh ijazah dan transkrip nilai.
  • Memiliki nilai ujian nasional (UN) sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.
  • Memiliki nilai ujian masuk lembaga sesuai dengan persyaratan yang sudah ditetapkan.
  • Memiliki surat keterangan sehat dari dokter.
  • Memiliki pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.

Untuk mendaftar di Sekolah Tinggi Transportasi Darat, kalian harus memenuhi syarat masuk STTD tersebut. Persyaratan tersebut biasanya meliputi:

  1. Merupakan warga negara Indonesia yang memiliki KTP.
  2. Memiliki ijazah SMA/sederajat atau yang setara.
  3. Memiliki usia maksimal 25 tahun pada saat pendaftaran.
  4. Memiliki nilai ujian masuk yang telah ditentukan oleh sekolah.
  5. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang memadai.
  6. Menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti fotokopi KTP, ijazah, dan surat keterangan sehat dari dokter.

Pendaftaran Masuk dan Biaya Pendidikan STTD

Untuk melakukan pendaftaran, Anda bisa mengunjungi website resmi STTD atau datang langsung ke sekolah tersebut untuk mendaftar. Pastikan sebelumnya Anda sudah memenuhi syarat masuk STTD dan membaca dengan seksama informasi yang tercantum di website atau brosur sekolah sebelum mendaftar, agar tidak terjadi kesalahan atau kekeliruan.

Untuk biaya pendidikan yang ditempuh melalui jalur pembibitan biayanya lebih murah dibanding dengan jalur reguler. Lulusan STTD umumnya langsung diangkat menjadi aparatur sipil negara atau biasa disebut dengan ASN. Serta, biasanya ditempatkan di daerah daerah yang telah melakukan MOU dengan pihak sekolah ini, diantaranya ada BKN dan menPAN untuk memenuhi tenaga kerja di institusi tersebut.

Lulusan STTD

Jika seseorang lulus dari Sekolah ini maka mereka akan memiliki gelar Sarjana Teknik Transportasi Darat. Gelar ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang transportasi darat, termasuk perencanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan sistem transportasi darat. Sebagai lulusan dari sekolah ini, seseorang dapat bekerja di berbagai posisi di sektor transportasi darat, seperti perencanaan transportasi, operasi transportasi, atau pemeliharaan kendaraan. Mereka juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti program magister atau doktor, untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan lebih lanjut di bidang transportasi darat.